Social Icons

Sabtu, 13 Agustus 2016

Pantai Parangtritis Yogyakarta

PANTAI PARANGTRITIS


Pantai parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Yogyakarta dan paling sering dijadikan salah satu tujuan destinasi wisata oleh baik para wisatawan lokal maupun manca negara. Pantai yang terkenal dengan ombak besar dan mitos tentang Nyi Roro Kidul ini menyimpan sejuta keindahan dan juga berbalut misteri bagi yang mempercayainya. Perpaduan keindahan bahari dengan pesona sunset dan sunrise yang menawan menjadikan Pantai Parangtritis sebagai tujuan wisata yang tidak pernah sepi pengunjung.
Pantai Parangtritis memiliki peran penting bagi Yogyakarta, pantai ini disebut sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti di Yogyakarta bersama Gunung Merapi dan Keraton Kesultanan Jogja. Pantai Parangtritis mempunyai elemen air, Gunung Merapi mempunyai elemen api, dan keraton kesultanan berperan sebagai penyeimbang keduanya. Jika ditarik garis lurus, ketiganya berjajar di satu garis yang sama dari utara ke selatan.

Lokasi : Pantai Parangtritis terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya
di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Akses : Jika menggunakan kendaran pribadi dari kota Yogyakarta langsung menuju Jalan Parangtritis tepatnya dari perempatan “Pojok Beteng Wetan” lurus kearah selatan sekitar 25 km sampai Pantai Parangtritis. Bagi yang menggunakan transportasi umum dari kota Yogyakarta menuju ke Terminal Giwangan Yogayakarta bisa diakses dengan bus kota,Trans Jogja,maupun kendaraan umum lainnya. Kemudian dari Terminal Giwangan dilanjutkan naik bus jurusan Jogja-Parangtritis.

Tarif :  Tiket masuk sudah satu paket dari Pantai Parangtritis-Gumuk Pasir Parangkusumo-Pantai Depok.
  • Tiket masuk Rp. 3.000,- per orang
  • Tarif masuk motor Rp.1.000,
  • Tarif masuk mobil Rp.5.000,
  • Tarif parkir motor Rp. 2.000,
  • Tarif parkir mobil Rp. 5.000,
  • Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- per 15 menit
  • Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- per 1 kali putaran

Fasilitas : Fasliitas di Pantai ini terdapat tempat parkir sepeda motor maupun bus wisata, musholla, toilet umum, warung makan, penginapan, tempat penjualan pernak-pernik atau oleh-oleh khas dari pantai Parangtritis ini. Selain juga yang membedakan dengan pantai lainnya terdapat naik kuda, andong atau kereta kuda, ATV, cafe, villa hingga resort, paralayang atau skydiving dan surfing bagi yang sudah mahir.

Galery Foto Pantai Parangtritis Yogyakarta :

 photo source :  panoramio.com


 photo source : widyalokawisata.com

photo source :  donnybaskoro.wordpress.com

 photo source : tikaadventure.blogspot.com

photo source :  tripgabungan.com
photo source :   indonesia.tripcanvas.co


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates