Social Icons

Selasa, 26 Mei 2015

Candi Prambanan Yogyakarta (Prambanan Temple)

Candi Prambanan

Candi prambanan merupakan cagar budaya peninggalan kerajaan Mataram Kuno (Dinasti Sailendra), pada abad ke-9. Candi Prambanan sering dikenal juga dengan nama Candi Roro Jongrang. Candi Prambanan merupakan candi yang sudah diakui UNESCO sejak tahun 1991 sebagai salah satu warisan budaya bangsa.
Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.
Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang Candi Prambanan ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.
Bagi para pengunjung yang ingin mencari informasi lebih lengkap mengenai Candi Prambanan, sudah disediakan sebuah museum yang terletak di kompleks candi Prambanan. Museum tersebut menyediakan informasi audio visual mengenai sejarah di temukannya candi Prambanan hingga proses pemugarannya disajikan secara lengkap.
Relief yang terpahat pada dinding candi Prambanan menceritakan kisah Ramayana. Terdapat juga relief pohon Kalpataru, dimana umat Hindu menganggap pohon tersebut melambangkan kelestarian, kehidupan dan keserasian.
Ada even yang menarik dilaksanakan setiap bulan pada bulan purnama yaitu pementasan Sendratari Ramayana. Kisah Ramayana yang diceritakan dalam pertunjukan ini merupakan terjemahan dari relief yang dipahat pada dinding candi Prambanan.

Lokasi: Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Raya Jogja - Solo Km 16. Kurang lebih 17 kilometer timur laut kota Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses: dari kota Yogyakarta ke Candi Parambanan Aksesnya sangat mudah. Bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 40 menit dari kota Yogyakarta dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Saat ini sudah tersedia angkutan umum Trans Jogja yang menuju Candi Prambanan, anda cukup membayar Rp3.800,- untuk sekali jalan menuju Candi Prambanan.

Open: 06.00-17.00 WIB

Tarif / Tiket Masuk:
  • Wisatawan Domestik: Dewasa Rp 30.000,- dan Anak-anak Rp 12.500,-
  • Wisatawan Asing: Adult USD 18$ and Children USD 9$
Tersedia juga tiket masuk terusan ke Candi Ratu Boko dan Candi Borobudur update price please cek: http://borobudurpark.co.id/ticket-price/

photo source: http://1.bp.blogspot.com

photo source: borobudurpark.co.id
 photo source: riskadwicahyanti.files.wordpress.com

photo source: borobudurpark.co.id
 photo source: borobudurpark.co.id

 photo source: borobudurpark.co.id

1 komentar:

 
Blogger Templates