Social Icons

Senin, 30 Maret 2015

Gadri Resto

GADRI RESTO - KULINER RAJA YOGYAKARTA

Apakah dibenak anda pernah muncul pertanyaan menjadi Raja itu makanannya apa? Jika anda penasaran silahkan berkunjung ke Gadri Resto yang berada di Jl Rotowijayan komplek Kraton Yogyakarta. Ketika berada di restoran ini, suasana hangat ala kraton langsung menyambut anda. Arsitektur Jawa nan kental dengan sebuah museum yang menyimpan banyak benda pusaka dan bersejarah di dalamnya, membuat restoran ini terlihat semakin unik. Sedikit berbicara sejarah, Gadri Resto berdiri pada tahun 1984. Pendirinya adalah GBPH Joyokusumo, yang merupakan adik kandung dari HB X. Resep-resep menu yang tersedia di Gadri Resto adalah hasil kumpulan resep turun-temurun Kraton yang dikumpulkan dan dibukukan oleh BRAy. Hj. Nuraida Joyokusumo, istri dari Gusti Joyokusumo. Visi yang diangkat oleh pendiri Gadri Resto adalah untuk melestarikan resep-resep tradisional Jawa di tengah modernitas jaman.

Lokasi: JL. Rotowijayan no.5 Kraton, Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat Kraton Jogja. dari Pojok barat daya Alun-Alun Utara Yogyakarta ke selatan kurang lebih 50m. Phone: +62274 – 373520, Fax: + 62274 – 380145

Buka: pukul 08.00-20.00 wib

Harga: rata-rata satu orang perlu merogoh kocek mulai dari Rp 50.000,- sampai ratusan ribu rupiah tergantung menu yang dipesan.

Menu kesukaan Sultan HB VIII dan IX yaitu Nasi blawong berupa nasi putih yang dicampur dengan aneka macam rempah dengan pelengkap berupa daging lombok kethok, ayam goreng laos, dan telur masak pindang yang digoreng. Sedangkan minuman kesukaan Sultan yaitu Minuman yang paling terkenal adalah bir jawa yang merupakan kesukaan HB IX yaitu secang dan bir jawa terbuat dari berbagai rempah seperti jahe, lada, secang, lemon dan lainnya. Bisa disajikan hangat maupun dingin.
photo source : lsctlevel4.wordpress.com

 photo source : inilah.com

photo source : inilah.com 

photo source : jogjabagus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates