Social Icons

Kamis, 25 Agustus 2016

Soto Kadipiro Asli

SOTO KADIPIRO


Salah satu warung soto yang melegenda di wilayah Yogyakarta adalah Soto Kadipiro. Bagaimana tidak melegenda warung soto ini didirikan pada tahun 1921 oleh Widadi Tahir Karto Wijoyo. Saat ini bisnis makanan itu  dikelola oleh keturunan-keturunannya. Saat ini warung Soto Kadipiro sudah memiliki banyak cabang. Soto Kadipiro yang asli berada di Jl. Wates no.33.  Sedangkan  cabang-cabang berada di penjuru Yogyakarta. Di jalan yang sama dengan lokasi Soto Kadipiro asli terdapat tiga rumah makan serupa yakni Soto Kadipiro II, Soto Kadipiro Baru dan Soto Kadipiro Plus. Cabang yang lain ada di daerah Kalasan,  Sleman, Kulon Progo dan Sentolo. Semua cabang ini memiliki rasa soto yang sama, karena resep yang digunakan merupakan resep warisan Widadi.
Sepintas soto ini sama seperti soto-soto ayam lainnya dengan kuah yang bening, namun yang menjadikannya luar biasa adalah rasa kuahnya. Kuah soto ini terbuat dari kaldu ayam kampung sehingga rasanya menjadi gurih. Satu lagi yang khas dari soto Kadipiro adalah tidak menggunakan mie sebagai campurannya. Semangkuk soto berisi suwiran ayam kampunng, kecambah, kol dan perkedel kentang, serta taburan daun bawang dan bawang goreng. Untuk nasi, Anda dapat memilih untuk dicampur atau dipisah. Sebagai  teman menyantap soto disediakan pula lauk seperti ayam goring, ati ampela, aneka sate, berkedel, aneka baceman tahu-tempe dan tentu saja kerupuk. Untuk minuman khas di warung Soto Kadipiro adalah Es Sarsaparilla yang merupakan limun atau bir jawa. Interior Soto Kadipiro ini sangat njawani, nuansanya Jawa banget dengan beberapa ornament wayang dan sangkar burung perkutut yang tergantung di langit-langit rumah.

Lokasi : Jl. Wates No. 33 Yogyakarta, sekitar 300m barat perempatan Wirobrajan sebelah kanan jalan atau utara jalan tersebut. Jika anda dari titik nol kota Yogyakarta (perempatan kantor Pos/BNI) lurus kearah barat sekitar 1,5 km nanti sebelah kanan dan kiri jalan terdapat deretan warung soto Kadipiro. Untuk Soto Kadipiro yang asli berada di kanan/utara jalan, sedang kan di sebelah kiri jalan terdapat Soto Kadipiro II, Soto kadipiro baru dan Soto Kadipiro Plus.

Harga : Seporsi soto Rp 13.000,-
               Es Teh Rp 4.000,-
               Aneka lauk pelengkap mulai Rp 1.000,- hingga Rp 10.000,-

Open : 08.00 – 21.00 WIB

photo source: ig @cesiliaindri

 photo source: energygiver.wordpress.com


photo source: ig @jogjaculinary


photo source: ig @williamwongso


photo source: ig @indraprada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates