Social Icons

Rabu, 28 Mei 2014

Tamansari Yogyakarta

TAMANSARI




Deskripsi: Kompleks Tamansari merupakan salah satu suatu objek wisata bersejarah di Yogyakarta, nama Tamansari sendiri diartikan sebagai sebuah taman yang sangat indah dan mempesona. Tamansari merupakan istana air yang pada masanya berfungsi sebagai tempat rekreasi, pesanggrahan dan benteng pertahanan bagi Sultan Istri Sulatan dan segenap keluarga Keraton Yogyakarta.
Tamansari terletak disebelah barat kawasan kraton masih dalam ruang lingkup benteng istana. Bangunan bersejarah ini mulai dibangun tahun pertengahan abad XVIII M pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana I. Tempat yang juga dikenal dengan Water Castle ini saat ini masih banyak menyisakan kebesarannya. Konon secara simbolik taman sari dapat diartikan sebagai alat penghubung yang secara tidak langsung menghubungkan lahir dan batin antara sultan dan rakyatnya.

Lokasi: Sebelah barat daya Keraton Yogyakarta atau sebelah selatan Pasar Ngesem. Tamansari terletak di Kampung Taman, Kecamatan Keraton Kota Yogyakarta.

Akses: Dari Alun-alun Keraton Yogyakarta menuju Tamansari dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 menit, dengan kendaraan pribadi sekitar 5 menit. Terdapat juga becak yang bisa mengantarkan ke Tamansari. Bagi wisatawan yang membawa mobil akan lebih nyaman masuk melalui gerbang timur karena terdapat parkir yang cukup luas.

Open    : Senin – Minggu    08.00-14.00
Tarif tiket masuk: wisatawan domestik Rp 3.000,-  dan  wisatawan asing Rp 7.000,-(update Januari 2015) | guide lokal: biasanya minta seikhlasnya (10rb -30rb).

Galery Foto Tamansari :

Dimulai dari denah Kompleks Tamansari via google earth

Gedhong Gapuro Panggung ini sekarang digunakan sebagai pintu masuk bagi para wisatawan. Bangunan ini berupa gapura dengan dua tingkat yang juga dihiasi dengan relief ular yang menggambarkan tahun saat dibangunnya Taman Sari Jogja yaitu tahun 1758.
photo source : kaskus.co.id

Gedhong Gapura Hageng merupakan pintu gerbang utama Taman Sari Jogja Yogyakarta yang ada di ujung sebelah barat. Ini karena pada awalnya Istana Air Taman Sari ini menghadap ke barat.
 photo source : www.flickr.com/photos/zakirhassan/12013996274

Umbul Pasiraman adalah sebuah taman pemandian bagi raja beserta keluarganya. Umbul Pasiraman terdiri dari 3 buah kolam pemandian yang diberi nama “Umbul Muncar”, “Blumbang Kuras”, dan “Umbul Binangun”.
photo source : kaskus.co.id 

photo source : kaskus.co.id
 photo source : anekatempatwisata.com
 photo source : oasisofindonesian.blogspot.com

Gedhong Sekawan berada di sebelah timur Umbul Pasiraman, berupa sebuah halaman dengan empat buah bangunan yang dahulunya digunakan untuk beristirahat sang raja.
 photo source : panoramio.com
 
photo source : urugjogja.com

Pintu lorong menuju Pulo Kenogo, Pulo Cemethi dan Sumur Gemuling.
 photo source : panoramio.com
 
  photo source : agriefishery photography 

Pulo kenongo merupakan sebuah pulau buatan yang dilengkapi dengan bangunan berupa gedung yang memiliki 2 tingkat yang sering disebut sebagai “Gedung Kenongo”. Gedung ini memiliki beberapa ruangan, dan dari ruangan yang paling atas kita bisa melihat seluruh wilayah Keraton Yogyakarta. Sehingga bangunan menara ini juga bisa berfungsi sebagai menara pengawas.
 photo source : panoramio.com

Di sebelah barat Pulo Kenongo terdapat bangunan berbentuk lingkaran seperti cincin yang disebut "Sumur Gumuling". Sumur Gumuling pada masanya juga difungsikankan sebagai Masjid.
photo source : wego.co.id

photo source :  www.flickr.com/photos/memorabiliaz/5486306756

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates