Social Icons

Rabu, 27 Mei 2015

Candi Borobudur (Borobudur Temple)

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.
Monumen candi ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).
Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak.

Lokasi: Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Kota Semarang, 86 km di sebelah barat Kota Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Kota Yogyakarta.

Akses: Untuk menuju Candi Borobudur dari Yogyakarta anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa/rental ataupun kendaraan umum. Untuk kendaraan umum dari kota Yogyakarta anda dapat naik Trans Jogja jalur 2A menuju ke terminal Jombor tiketnya hanya Rp 3.800 per orang. Turun dari halte Jombor anda dapat naik bis jurusan Jombor - Borobudur dan harganya sekitar Rp 10.000 per orang.

Open: 06.00-17.00 WIB

Tiket Masuk: Wisatawan lokal/domestik dewasa Rp 30.000,- anak-anak Rp12.500,- dan Wisatawan asing/WNA USD 20$.
Untuk update tiket masuk dan tiket terusan ke candi Prambanan / Candi Ratu Boko, bisa cek di website resmi: http://borobudurpark.co.id/ticket-price/

Fasilitas: Fasilitas di kawasan candi sangatlah baik meliputi: area parkir yang luas, toilet umum, berbagai museum, tempat ibadah, dan banyaknya kios cendra mata sampai hotel di dalam kawasan candi Borobudur.

photo source: id.wikipedia

photo source: haydarai.deviantart.com/art/Altar-at-Borobudur-Temple-300975378


photo source: borobudurpark.co.id

 photo source: borobudurpark.co.id

 photo source: borobudurpark.co.id

 photo source: borobudurpark.co.id


photo source: borobudurpark.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates