Social Icons

Rabu, 27 Mei 2015

Candi Ratu Boko (Ratu Boko Temple)

Situs Ratu Boko (Candi Boko)

Situs Ratu Baka atau Candi Boko adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan. Istana Ratu Boko merupakan sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Berada di istana ini, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi.
Nama "Ratu Baka" berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Baka (bahasa Jawa, arti harafiah: "raja bangau") adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan.
Situs Ratu Baka terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha. Komplek situs ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu; tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan. Situs ini dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995.

Lokasi: Jl Prambanan-Piyungan Bokoharjo Prambanan Sleman Yogyakarta. Terletak 3km sebelah selatan Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta.

Akses: Untuk menuju Candi Borobudur dari Yogyakarta anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa/rental ataupun kendaraan umum menuju ke arah Candi Prambanan, lalu ke arah selatan sekitar 3 km. Bagi yang mengunakan kedaraan umum bisa naik bus Trans Jogja menuju ke Halte terminal Prambanan, kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke arah selatan dengan naik ojek, andong ataupun jalan kaki.

Open: 06.00-17.00 WIB

Tiket Masuk: Wisatawan lokal/domestik dewasa Rp 25.000,- anak-anak Rp10.000,- dan Wisatawan asing/WNA USD 13$.
Untuk update tiket masuk dan tiket terusan ke candi Prambanan / Candi Ratu Boko, bisa cek di website resmi: http://borobudurpark.co.id/ticket-price/
photo source: bosmobil.com
photo source: kulkasgendong.blogspot.com

photo source: dodaholiday.com

photo source: kulkasgendong.blogspot.com

photo source:  youtube.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates