Social Icons

Jumat, 22 Mei 2015

Gudeg Mercon Jogja

GUDEG MERCON BU TINAH

Gudeg manis tentu hal biasa, tapi gudeg yang manis, gurih dan pedas bisa jadi kejutan tersendiri bagi para pecinta kuliner tradisional. Yang istimewa dari Gudeg Mercon Bu Tinah adalah citarasa pedasnya  yang begitu nendang. Legit manisnya gudeg masih terasa begitu kental ditambah dengan kuah arehnya yang gurih. Tapi, sensasi pedas langsung menyeruak ketika mencicipi merconnya yang dituangkan di atas nasi. Nah, mercon inilah resep andalan Bu Ngatinah yang istimewa. Berupa sayur tempe dan potongan cabai hijau, ditambah krecek dengan cabai rawit merah ini memberi sensasi lain pada ritual makan gudeg Yogya.
Warung  Gudeg ini berdiri sekitar 20 tahun lalu, Warungnya memang sederhana, hanya bermodalkan sebuah meja besar tempat meletakkan seluruh racikan gudeg merconnya, dikelilingi kursi-kursi plastik bagi pengunjung yang ingin makan sembari ngobrol dengan Bu Ngatinah, yang ramah menanggapi setiap pembelinya. Bagi yang datang beramai-ramai, bisa lesehan di trotoar seberang jalan sembari bersantai menikmati suasana malam Yogya.
Setiap pembeli  yang datang pasti ditawari langsung oleh Ngatinah lauk apa saja yang diinginkan. Satu porsi standar berisi nasi, gudeg, ditambah mercon, bihun goreng, krecek, cabe rawit utuh dan disiram dengan kuah areh yang gurih. Untuk lauknya, pembeli bisa memilih tahu, ayam suwir, kepala, ati ampela, sayap, paha, ataupun telur ayam. Masih kurang lengkap, warung gudeg mercon ini  juga menyediakan sate ayam, berbagai gorengan dan kerupuk.

Lokasi : Jl. Asem Gede, Kranggan, Jetis, Yogyakarta ( dari tugu jogja kearah barat sekitar 300m, sebelum lampu merah nanti utara/kanan jalan ada jalan aspal ke utara masuk saja jalan itu, warung gudeg mercon Bu Tinah ada di trotoar jalan tersebut)


Open : 21.00 - tengah malam (biasanya sekitar jam 02.00 wib)

Harga : Harganya tergantung dari kombinasi lauknya, berkisar antara Rp 15 ribu hingga Rp 25an ribu per porsi.

 photo source: jogja.mblusuk.com

photo source: http://www.kotajogja.com


photo source: https://bingkaipetualang.wordpress.com

photo source: https://bingkaipetualang.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates