Social Icons

Kamis, 25 Agustus 2016

Gudeg Pawon Janturan

GUDEG PAWON


Di Yogyakarta ada satu warung gudeg yang sangat unik namun sangat populer di kalangan pecinta wisata kuliner, yakni Gudeg Pawon. Ada 2 keunikan yang dimiliki oleh Gudeg Pawon. Yang pertama, sesuai dengan namanya Gudeg Pawon yang dalam bahasa Jawa berarti gudeg dapur, pengunjung yang ingin menikmati gudeg ini harus mau berdesak-desakan di dapur pemiliknya. Sedangkan keunikan kedua, Gudeg Pawon hanya buka di malam hari, dan hanya buka sekitar selama 3 jam karena biasanya sebelum jam 1 dini hari sudah habis, warung gudeg yang dirintis oleh Bu Prapto Widarso sejak tahun 1958 ini selalu ramai dikunjungi pembeli dari berbagai tempat. Biasanya pengunjung yang datang ke Gudeg pawon harus antri cukup lama di pawon (dapur) guna mendapatkan sepiring gudeg.
Gudeg yang disajikan di tempat ini adalah gudeg basah lengkap dengan sambal krecek yang pedas dan ayam kampung. Sensasi gudeg yang manis dengan areh yang gurih, serta ayamnya yang empuk menciptakan perpaduan rasa yang nikmat sehingga membuat orang rela datang malam-malam untuk menikmati kelezatannya.

Lokasi : Jl. Prof. DR Soepomo No. 36-38, Janturan,warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.
Jika dari Titik Nol kota Yogyakarta (perempatan Kantor Pos/BNI) lurus kearah timur sekitar 2km sampai menemukan Swalayan Pamela kiri/utara jalan, kemudian didepan swalayan Pamela tersebut ada jalan keselatan kearah Kampus Bahasa UTY dan Kampus 3 UAD ikuti jalan tersebut nanti Gudeg Pawon ada di sebelah kanan/barat jalan.

Harga : mulai dari Rp 18.000 – Rp 35.000an tergantung lauk dan minuman yang dipilih.

Open : Hanya buka malam hari mulai jam 22.00 sampai habis, biasanya sekitar jam 01.00 dini hari sudah habis.

Tips : Jangan datang terlalu malam dan hindari malam-malam hari libur karena biasanya antriannya sangat panjang.

 photo source: ig @anggaprameswara

  photo source: panduanwisatajogja.com

  photo source: ig @streetfoodstories

  photo source: sonofmountmalang.wordpress.com

  photo source: ig @boody_bia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates