Social Icons

Sabtu, 27 Agustus 2016

Kalibiru Kulon Progo

DESA WISATA KALIBIRU


Kalibiru adalah obyek desa wisata yang terletak di jajaran perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo dengan ketinggian 450m dpl. Kombinasi sempurna antara rute perjalanan, jiwa petualang dan keasrian alam dapat ditemui ketika kita berkunjung ke wisata Kalibiru. Sebelum tiba di Kalibiru, kita akan berjumpa dengan Waduk Sermo yang asri dan cantik. Disini kita bisa beristirahat sejenak menikmati tenangnya air waduk Sermo. Kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke Kalibiru.
Daerah perbukitan Kalibiru memiliki pemandangan yang indah, dan hal tersebut yang menjadi daya tarik utama obyek wisata satu ini. Dari puncak bukit yang ada di dusun Kalibiru, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijaunya wilayah Kabupaten Kuonprogo dan waduk Sermo. Yang paling banyak diburu para wisatawan yakni foto dari atas pohon pinus. Dimana dari papan kayu itu, kita bisa memandang birunya air waduk Sermo. Dan jika cuaca bersahabat, keindahan kota Yogyakarta pun bisa dilihat. Jangan khawatir dengan keamanan ketika outbond atau naik ke atas pohon pinus dan duduk dia atas papan kayu untuk sekedar menikmati pemandangan dan berfoto ria, pasalnya keamanan di sana sangat terjaga dan sesuai standart. Sementara untuk fasilitas, disana fasilitas yang disediakan sudah mendukung yakni seperti home stay, outbound, flyingfox, warung makan, masjiddan fasilitas penunjang lainnya.

Lokasi : Jl Sermo-Clapar, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo., DIY. Sekitar 40km dari Kota Yogyakarta atau 10km dari Kota Wates.

Akses : Dari Kota Yogyakarta menuju ke Kalibiru bisa ditempuh kurang lebih dua jam jika kondisi jalan lancar, melewati Jl Wates.‎ Menuju ke Kalibiru, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan umum yakni bus atau kereta api Prameks. Jika menggunakan angkutan, bisa naik bus jurusan Wates dari terminal ‎Giwangan lalu menyewa ojek hingga ke Kalibiru. Sementara jika naik KA, bisa dari stasiun Tugu Jogyakarta berhenti di Stasiun Wates lalu naik ojek ke Kalibiru.
  
Tarif :
  • Tiket masuk Rp 5.000 per orang.
  •  Paket outbond seperti flying fox, jembatan gantung dan foto sepuasnya Rp 35.000 per orang.
  • Foto di atas pohon atau spot menara foto yang telah disediakan dengan latar belakang waduk Sermo hanya dikenai tarif Rp 10.000 per orang.
Fasilitas : Fasilitas di kawasan Desa Wisata Kalibiru sudah cukup lengkap dan semakin berkembang, sampai saat ini sudah terdapat fasilitas pondok wisata/home stay, gardu pandang, hot spot area, outbound, flying fox, foto, dokumentasi, camping ground, down hill track, warung makan, masjid, toilet umum dan fasilitas penunjang lainnya.

Tips: Jika menggukanan kendaraan pribadi harap hati-hati karena rute menuju Kalibiru setelah Waduk Sermo jalannya cukup menanjak, kami sarannkan menggunakan kendaraan yang ber-cc besar.

Galery Foto Desa Wissata Kalibiru Yogyakarta :

 photo source: news.okezone.com

 photo source: infowisatajogjaku.blogspot.com

 photo source: semarangpedia.com

 photo source: ig @wonderfuljogja

 photo source: gpswisataindonesia.blogspot.com

1 komentar:

 
Blogger Templates