Social Icons

Rabu, 31 Agustus 2016

Bakmi Jawa Harjo Geno

BAKMI JAWA HARJO GENO-Bakmi Langganan Mantan Presiden Soeharto (Alm)


“Bakmi Geno” atau “Bakmi Nggeno” merupakan salah satu Bakmi Jawa yang legendaries. Bagaimana tidak, Eksis­tensi Bakmi Jawa ini setidaknya dibuktikan oleh keluarga Atmo Pawiro alias Nggeno/ Geno sejak tahun 1940. Nggeno sebenarnya memiliki warung pertamanya di wilayah Mantrijeron. Merintis selama lebih k­urang 20 tahun,Bakmi Nggeno akhirnya pindah ke depan pasar Prawirotaman, di Jalan Parangtritis. Bakmi Pak Geno mempunyai banyak pelanggan dari berbagai kalangan, baik warga sekitar, wisatawan maupun orang-orang besar diantaranya Keluarga Kraton Yogyakarta dan mantan Presiden Republik Indonesia, Bapak Soeharto (alm).
Saat ini Bakmi keluarga Geno telah berekspans­i di beberapa titik di Jalan Parangtritis, setidaknya ada tujuh di sepanjang Jalan Parantritis tersebut. Yang paling utara adalah warung bakmi Geno yang dimiliki oleh anak keempat Nggeno dengan warung bakmi Sus Geno. Bergeser sedikit ke selatan, lokasi Bakmi Nggeno di Prawirotaman yang dulu menjadi cikal bikal bakmi Nggeno kemudian dilanjutkan oleh anak nomor dua yaitu Harjo Geno. Yang paling selatan di daerah Sempalan Pundong Bantul Jalan parangtritis Km 17 ada anak kesembilan Nggeno yaitu Bakmi Sulis Geno.
Menu yang ditawarkan di Warung Hakmi Harjo Geno hampir sama dengan warung bakmi jawa lainnya seperti bakmi godhog/rebus, bakmi goring, magelangan dan nasi goreng. Keistimewaan bakmi jawa ini terletak pada cita rasa yang terjaga kelezalatannya, bumbunya menggunakan bumbu tradisional dengan resep ayahnya yang ditumbuk dan rasa gurihnya dalah penggunaan ayam kampung betina sebagai bahan untuk membuat kaldunya.

Lokasi : Depan Pasar Pawirotaman, Jalan Parangtritis Yogyakarta.

Akses : Untuk menuju lokasi Bakmi Harjo Geno ini jika anda dari Pusat Kota Yogyakarta silahkan menuju perempatan/traffic light Pojok Beteng Wetan. Dari perempatan tersebut silahkan ambil jalan ke arah selatan atau Jalan Parangtritis sekitar 400m sampai menemukan Pasar Pawirotaman disebelah kiri/timur jalan.

Harga : mulai makanan mulai dari Rp 15.000an tergantung tambahan bagian ayam yang diinginkan.

Open : Buka mulai jam 17:30-01:00 dinihari.

photo source: blog.uad.ac.id

photo source: harrynazarudin.blogspot.com

photo source: cupcakerinamutz.blogspot.co.id

photo source: instarank24.com

photo source: gastronomy-aficionado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates