Social Icons

Kamis, 25 Agustus 2016

Sate Klathak Pak Bari

SATE KLATHAK PAK BARI AADC2


Sate Klatak adalah sate yang berbahan dasar kambing. Yang membedakan sate tersebut dengan sate lainnya adalah sate Klatak tidak menggunakan bumbu kecap atau kacang melainkan hanya dibumbui dengan garam. Meskipun sangat sederhana, namun sate Klatak sangat diminati oleh pengunjung dann justru menjadi salah satu icon kuliner di Kota Yogyakarta. Keistimewaan sate tersebut tidak berhenti sampai disitu, keistimewaan lainnya dari Sate Klatak adalah pada penyajiannya. Tusuk sate yang digunakan bukan dari bambu namun menggunakan besi jeruji sepeda. Penggunaan jeruji ini dipercaya dapat menghantarkan panas yang baik sehingga daging dapat matang dengan sempurna.
Di kawasan Jejeran memang banyak penjual sate klathak, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah milik Sabari dengan warungnya yang terkenal dengan nama Pak Bari. Pak Bari merupakan generasi ketiga orang yang mempelopori jualan sate klathak, yang pertama adalah simbahnya yaitu Mbah Ambyah yang pertama kali berjualan sate klathak ini sejak sebelum kemerdekaan, kemudian diteruskan oleh ayahnya yaitu Pak Wakidi dan sampai saat ini diteruskan oleh Pak bari. Selain sate klathak warung Pak Bari juga menyajikan tongseng kambing, tengkleng, gulai jeroan. Sedangkan untuk minumannya tersedia jeruk hangat, teh hangat, es jeruk dan es teh. Spesialnya, semua minuman hangat yang tersedia tidak menggunakan gula pasir melainkan gula batu.
Karena keunikannya ini, warung sate klathak Pak Bari menjadi salah satu lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Jika sebelumnya dalam sehari menghabiskan dua hingga tiga ekor kambing, setelah muncul di film AADC2 dalam sehari warung makan ini bisa menghabiskan delapan hingga 10 ekor kambing. Bahkan menurut Pak Bari, 50 kilogram sate yang biasanya baru habis pukul 2 dini hari, kini bisa tandas pukul 9 malam dengan jumlah daging dua kali lipat.

Lokasi : terletak di dalam Pasar Wonokromo Jl. Kedaton, Pleret, Bantul.
Dari perempatan Terminal Giwangan ke selatan - Jl. Imogiri Timur - perempatan Jejeran lurus - pertigaan Pasar Jejeran Wonokromo, belok kiri masuk pasar Wonokromo - Sate Klathak Pak Bari.

Harga : seporsi sate klathak, lengkap dengan kuah gulai, nasi dan juga minum.

Open : buka dari jam 18.30 hingga 02.00 dinihari, jika ramai terkadang jam 21.00 sudah habis.

Tips : Saat ini sebaiknya anda jangan datang terlalu malam untuk memastikan tidak kehabisan olahan sate Pak Bari.

photo source: harnas.co

 photo source: jogjaprov.go.id

 photo source:  ig @lianitaruch

 photo source: ig @jogjainstafood

 photo source: ig @piagguyub

 photo source: ig @alfadistianisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates