Social Icons

Selasa, 23 Agustus 2016

Kaliurang Yogyakarta

KAWASAN WISATA KALIURANG YOGYAKARTA



Kawasan wisata Kaliurang merupakan kawasan wisata alam pegunungan di ujung utara Yogyakarta, layaknya kawasan Puncak di Bogor. Perbedaannya kawasan wisata Kaliurang ini berada di kaki Gunung Merapi sehingga pilihan alternafif wisatanya lebih banyak, selain banyak penginapan, villa, resort hingga hotel berbintang di kawasan wisata ini juga terdapat wisata Lava Tour mengelilingi kawasan kaliurang-kalikuning-kaliadem yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 yang lalu dengan menggunakan Jeep, motor trail maupun ATV.
Selain wisata Lava Tour yang saat ini sedang banyak diminati para wisatawan, di kawasan wisata kaliurang masih banyak spot-spot yang menarik untuk dikunjungi antara lain Taman Rekreasi, Tlogo Putri, Museum Gunung Merapi, Gardu Pandang, Air Terjun Telaga Muncar dan Taman Wisata Plawangan Turgo Taman Nasional Gunung Merapi yang didalamya terdapat Pemandangan Bukit Plawangan, hutan wisata, dan beberapa Goa peninggalan Jepang.

Lokasi : Kawasan Kaliurang terletak sekitar 25 km sebelah utara kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Hargobinangun Kecamatan Pake, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses : Kawasan kaliurang dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan rental, maupun kendaraan umum. Namun untuk kendaraan umum saat ini sudah sangat jarang, jadi kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju kawasan Kaliurang dari kota Jogja carilah kampus UGM atau jalan lingkar (ring road) utara hingga bertemu dengan perempatan jalan Kaliurang, kemudian berbeloklah ke arah utara (jalan kaliurang) dan susuri Jalan kaliurang tersebut hingga berakhir di kawasan wisata Kaliurang.

Tarif : Harga tiket masuk kawasan wisata kaliurang Rp 3.000,- /orang. Tarif ini hanya untuk masuk kawasan kaliurang saja untuk masuk objek wisatanya seperti Taman rekreasi kaliurang, Taman Wisata Plawangan Turgo, Museum Gunung Merapi, maupun Lava Tour akan dikenakan tariff lagi.

Open : Kawasan wisata kaliurang terbuka 24 jam, namum untuk fasilitas objek wisata didalamnya seperti Taman Rekreasi, Taman Wisata Plawangan Turgo, Museum dan Lava Tour hanya mulai dari jam 06.00-18.00 wib.

Fasilitas : Fasilitas di kawasan wisata Kaliurang ini cukup lengkap terdapat tempat parkir (bus wisata/mobil/motor), Masjid/Musholla, toilet umum, warung makan, resto, café, penginapan mulai dari losmen, wisma, villa, resort, hingga hotel berbintang, Wahana wisata Lava Tour dengan Jeep, kereta kelinci untuk mengelilingi kawasan wisata kaliurang.

Galery Foto Kawasan Wisata Kaliurang :

 Gardu Pandang Kaliurang

 photo source: initempatwisata.com

Tlogo Putri

 photo source:  initempatwisata.com

Jeep Lava Tour

 photo source: corlena.wordpress.com

Air Terjun Tlogo Muncar

  photo source: ryandxter.blogspot.com

Goa Jepang

  photo source: jogja.tribunnews.com

Museum Gunung Merapi

 photo source: initempatwisata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates