Social Icons

Sabtu, 03 September 2016

Bukit Punthuk Setumbu Magelang

BUKIT PUNTHUK SETUMBU MAGELANG - BOROBUDUR NIRVANA SUNRISE


Jika Istana Ratu Boko merupakan juara tempat menyaksikan matahari terbenam terbaik di Yogyakarta, bukit Punthuk Setumbu justru menghadirkan pemandangan matahari terbit yang luar biasa dengan latar Gunung Merapi dan Candi Borobudur. Nggak heran kalau Rangga dan Cinta memilih tempat romantis seperti Punthuk Setumbu saat bertemu. Punthuk Setumbu mendapat julukan Borobudur Nirvana Sunrise tentu dengan alasan yang jelas. Yaitu pemandangan matahari terbit yang begitu memukau. Dengan fakta ini, maka waktu terbaik untuk datang ke Punthuk Setumbu adalah saat subuh antara pukul 4 hingga pukul 5 pagi. Jika cuacanya sedang cerah, pemandangannya sangat spektakuler. Selain bisa melihat bangunan Candi Borobudur, kita juga bisa melihat betapa cantiknya si gunung kembar Merapi dan Merbabu di kejauhan sana. Belum lagi pemandangan hijau persawahan yang terbentang di hadapan mata. Benar-benar persembahan yang sangat sempurna dari alam semesta.
Alasan lain kenapa banyak wisatawan yang lebih memilih menikmati sunsrise dari Punthuk Setumbu adalah karna harga yang lumayan mahal untuk menikmati sunrise di Candi Borobudur. Untuk bisa menikmati sunsrise dari balik stupa-stupa di Candi Borobudur wisatawan harus membayar Rp 230.000 untuk satu orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara mencapai Rp 380.000. Sedangkan untuk tiket masuk ke Punthuk Setumbu hanya Rp 15.000 untuk wisatawan domestik serta Rp 30.000 untuk wisatawan mancanegara. Alasan yang cukup masuk akal dengan pemandangan yang melebihi ekspektasi.
Lokasi :  terletak di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Atau 15 menit dari Candi Borobudur.

Akses : Dari Kota Yogyakarta silahkan menuju Candi Borobudur, kemudian dari depan kompleks Taman Wisata Candi kamu bisa ambil arah menuju Hotel Manohara. Tak jauh dari hotel ini akan dijumpai pertigaan dengan sebuah rambu-rambu bertuliskan “Borobudur Nirvana Sunrise” alias Punthuk Setumbu. Tak sampai 15 menit kita akan sampai ke tempat yang kita tuju.

Tarif : Wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu wajib membayar retribusi sebesar Rp 15.000 / orang dan untuk wisatawan mancanegara/turis Rp 30.000.

Open: buka mulai pukul 04.00 – 17.00 WIB

Tips: Jika ingin menikmati sunrise yang bagus datanglah kesini pada musim kemarau karena matahari dapat terlihat jelas tidak tertutup mendung, selain itu jalan menuju puncak Bukit setumbu becek dan licin jika musim hujan.

Galery Foto Bukit Punthuk Setumbu Magelang :

 photo source: petouring.net


photo source: brilio.net

 photo source: pesonawisatajogja.com

 photo source: travel.kompas.com

 photo source: emkatourjogja.com

 photo source:tiket.tokopedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates