Social Icons

Kamis, 08 September 2016

Warung Brongkos Alkid "Handayani"

WARUNG HANDAYANI - BRONGKOS KOYOR ALKID


Warung Handayani merupakan salah satu warung yang menyajikan makanan tradisional yang cukup terkenal di Kota Yogyakarta. Terbukti warung sederhana ini juga pernah masuk acara kuliner televisi nasional dengan pembawa acaranya yang cukup kondang di dunia perkulineran Indonesia yaitu Bondan “Maknyuss” Winarno dan Benu “Laziss” Buloe. Warung Handayani ini juga cukup legendaries karena telah berjualan sejak tahun 1975. Menu andalan di warung ini adalah brongkos yang rasanya juara, dan menurut saya ini brongkos paling enak di Yogyakarta, terutama brongkos koyor/tetelannya. Oleh karena itu warung ini juga sering disebut warung Brongkos Alkid.  
Brongkos kalau dilihat sekilas mirip dengan nasi rawon khas Jawa Timur. Bedanya, kuah brongkos bersantan sehingga teksturnya kental dan warnanya kecoklatan.Warung Handayani tidak hanya menyediakan menu brongkos. Ada juga menu lain yang tidak kalah enaknya, antara lain nasi pecel, nasi rames, soto ayam, dan es campur. Selain brongkosnya yang juara masih ada satu lagi andalan di warung ini yaitu es campur. Es campur tersebut berisikan tape singkong, kelapa muda, dan kemudian disiram dengan santan dan gula. Rasa manisnya pas tidak terlalu manis,dan ada juga rasa gurihnya. Jika anda berkunjung ke warung handayani jangan lupa pesan brongkos koyor/tetelan dan es campurnya yang mantap.

Lokasi : Warung makan ini tepat berada di sebelah selatan Alun-Alun Utara Selatan, sebelum plengkung Gading. Tepatnya berada di jalan Gading no.2 Yogyakarta.

Akses : Untuk menuju lokasi Warung ini cukup mudah, jika anda dari pusat Kota Yogyakarta silahkan menuju Alun-Alun Kidul atau Plengkung Gading. Warung ini terletak persis di selatan Alun-Alun Kidul atau sebelah utara Plengkung Gading.

Harga : seporsi brongkos koyor Rp 22.000 dan es campur Rp 7.000  
                       

Open : buka warung ini buka mulai dari jam 07.00-16.00 WIB.

Tips : Jangan kesini terlalu siang/sore jika tidak ingin kehabisan brongkos koyornya.

 photo source: ardiankusuma.com

 photo source: imgrum.net

photo source: twitter @infojogja

 photo source: discoveryourindonesia.com

 photo source: yogyakartaguidedriver.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates