Social Icons

Jumat, 02 September 2016

Kebun Buah Mangunan

KEBUN BUAH MANGUNAN - GARDU PANDANG DENGAN PEMANDANGAN YANG MENAKJUBKAN

Banyaknya minat para wisatawan untuk berkunjung ke Jogja, tentu tak luput dari hadirnya tempat-tempat menarik buat di jadikan tujuan wisata. Salah satunya adalah Gardu Pandang di Kebun Buah Mangunan, Bantul, Yogyakarta yang akhir-akhir ini sering dikunjungi oleh para wisatawan dan petualang karena keelokan pemandangannya, apalagi saat menunggu matahari terbit. Pengunjung atau wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan sunrise yang sangat menarik bagaikan bukit diatas awan.
Dari gardu pandang ini nanti bakal terlihat jembatan gantung yang terdapat di atas Sungai Oya. Jembatan tersebut menghubungkan antar desa sehingga memudahkan dalam transportasi. Jembatan gantung yang berada di atas aliran Sungai Oya tersebut cukup menawan sebagai tempat pengambilan foto. Latar belakang pegunungan dan hijaunya pepohonan menambah kesegaran yang membuat anda ingin berlama-lama berada di jembatan gantung.
Dikenal sebagai Amazon nya Yogyakarta, pemandangan dari puncak Mangunan menjadi primadona tersendiri. Disaat musim kemarau, pemandangan semakin memukau dengan adanya aliran sungai Oyo yang berwarna hijau toska. Kalau kunjungan kita kesana bertepatan dengan musim buah-buahan, akan banyak juga dijumpai macam-macam tanaman buah yang dibudidayakan disana seperti, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak, belimbing bahkan durian juga ada.

Lokasi : Terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Akses : Untuk transportasi umum yang melayani rute hingga kawasan hutan pinus sampai saat ini belum ada, maka wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau dengen kendaraan rental. Dari Yogyakarta bisa mengambil rute Terminal Yogyakarta – Jalan Imogoro Timur – Pertigaan Imogiri belok ke arah Makam Raja-raja Imogiri – Sebelum sampai di Pelataran Makam Raja-Raja Imogiri nanti ada pertigaan dengan petunjuk ke arah Mangunan, silahkan belok ke kanan mengikuti petunjuk arah tersebut – Hutan Pinus Mangunan Kebun Buah Mangunan.

Tarif : Untuk masuk kawasan Kebun Buah Mangunan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5000/orang yang mana sudah termasuk asuransi.

Open : Buka setiap hari.

Fasilitas : Fasilitas yang berada di Kebun Buah Mangunan yaitu penginapan/homestay, kamar mandi, mushola, gedung pertemuan, kolam renang, kolam ikan dan bangunan joglo yang berada di puncak. Bangunan joglo ini dapat digunakan untuk tempat beristirahat. Bagi pengunjung yang suka berkemah atau lintas alam, tersedia area untuk berkemah/camping dan outbond.

Tips: Dimohon untuk menjaga kebersihan dan mematuhi peraturan yang ada di Kebun Buah Mangunan supaya keindahannya alamnya tetap terjaga.
                                                                                       
Galery Foto Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan Yogyakarta :

 photo source: oibro.com


photo source: sulispurwanto.blogspot.com


photo source: triplop.id


photo source: triplop.id


photo source: ig @detailjogjakarta


photo source: ig @widarkohartono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates