Social Icons

Sabtu, 17 September 2016

Goa Pindul Gunung Kidul

CAVE TUBING GOA PINDUL GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA


Goa Pindul merupakan salah satu icon pariwisata di kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Di Goa Pindul anda dapat merasakan serunya menyelusuri sungai bawah tanah  dengan berbagai wisata yang ditawarkan seperti paket wisata Cave Tubing Goa Pindul, Rafting Goa Pindul, dan Outbound. Cave tubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua dengan sungai bawah tanah menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Goa Pindul ini tenang maka melakukan cave tubing di Goa Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil juga pernah. Keamanan dalam berwisata terjamin karena selain peralatan yang benar-benar safety masih didampingi pemandu yang cukup berpengalaman.
Gua Pindul merupakan sungai bawah tanah dikawasan Gunung Kidul Yogyakarta yang memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh dengan cave tubing sekitar 45 menit. Selain keindahan nuansa alami daerah pegunungan, Anda juga bisa menyaksikan eksotisnya stalagtit dan stalagmit yang terbentuk dengan indah di dalam goa.

Lokasi : terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Akses : Dari Kota Yogyakarta – Jalan Wonosari – Jalan Piyungan – Bukit Patuk – Lampu merah perempatan Sambipitu ke arah Hutan Bunder – Hutan Bunder (Rest Area Bunder) – Lanud TNI AU Gading – Lampu merah Pertigaan Timur Lanud TNI AU lurus – Logandeng – Siyono – Bundaran Siyono (Tugu Air Mancur BPD DIY) kiri ke arah Piyaman – Pertigaan (Ring Road) Piyaman belok kanan - Rumah Sakit PKU – Lampu merah Perempatan Budegan lurus – Pertigaan Grogol ke kiri (gerbang Desa Bejiharjo) – Mengikuti jalan aspal sampai menjumpai tulisan Selamat Datang Di Desa Wisata Bejiharjo.
Bagi anda yang mnggunakan  angkutan kendaraan umum dapat menaiki bus jurusan Jogja-Wonosari dari terminal Giwangan Yogyakarta. Kemudian turun di Bundaran Siyono Wonosari. Setelah sampai Di Bundaran Siyono silahkan mencari jasa ojek yang akan mengatar anda ke lokasi Goa Pindul.

Tarif :
  • Tarif retribusi masuk kawasan Goa Pindul Rp 10.000 per orang.
  • Paket Wisata Cave Tubing Goa Pindul anda bisa melilih diantara banyak penyedia jasa/operator yang ada disana namun harga yang ditawarkan sama kok yaitu Rp 35.000 per orang (wisatawan local) dan Rp 50.000 per orang (untuk turis/wisatawan mancanegara). Paket tersebut sudah termasuk jasa pemandu, perlengkapan(ban dalam, jaket pelampung, sepatu karet, Head Lamp), dan asuransi.
Open: buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 17.00 wib

Fasilitas: Fasilitas yang terdapat pada tempat kawasan Goa Pindul kini sudah cukup lengkap antara lain : penyewaan paket cave tubing (pemandu,ban dalam, jaket pelampung, sepatu karet, Head Lamp), Terdapat juga homestay berupa rumah khas penduduk yang dindingnya terbuat dari bambu, tempat parkir, toilet,warung makan, dan lain-lain.

Tips: Untuk Cave Tubing di Goa Pindul, moment yang paling bagus adalah jam 10-12 siang.dikarenakan keindahan goa vertikal akan menampakkan keindahan yang sering disebut cahaya surga jika hari tersebut cerah tak ada mendung. Selain itu hindari ke Goa Pindul saat musim liburan karena akan sangat padat pengunjungnya. Terkadang pada saat weekend juga padat pengunjungnya.

Galery Foto Goa Pindul Gunung Kidul Yogyakarta :

 photo source: wisata.gunungkidulkab.go.id


photo source: liburngabur.com


photo source: tripgoapindul.wordpress.com


photo source: portalwisata.com


photo source: calyawisata.com


photo source: jambulrhoma.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates