Social Icons

Jumat, 02 September 2016

Hutan Mangrove Kulon Progo

KAWASAN WISATA HUTAN MANGROVE KULON PROGO


Wisata alam hutan Mangrove merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menarik yang terletak di ujung barat sisi selatan kabupaten Kulon Progo,tepatnya di desa Jangkaran, kecamatan Temon. Lokasinya hampir dekat dengan perbatasan dengan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Kawasan wisata hutan mangrove ini masih satu kawasan dengan Pantai Congot, lokasi hutan mangrove ini memanjang mulai dari muara sebelah barat Sungai Bogowonto ke arah barat, sementara Pantai Congot sengot sendiri berada di sebelah timur Sungai Bogowonto.
Pengembangan hutan mangrove ini dilakukan swadaya oleh warga setempat, yang terbagi menjadi beberapa kelompok (pokdarwis). Saat ini, di area hutan mangrove tersebut setidaknya ada empat spot objek wisata, yaitu Kadilangu, Jembatan Api-Api, Ngudilestari, dan juga Wanatirta. Masing-masing lokasi mempunyai ciri khas dan daya tarik tersendiri. Di lokasi Jembatan Api-Api misalnya, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekaligus menyeberangi jembatan besar yang terbuat dari kayu dan bambu. Lokasi spot Jembatan Api Api inilah yang paling hits saat ini, foto fotonya mulai banyak menyebar di instagram. Untuk tariff masuknya juga tidak menjasi satu sekaligus namun berbeda-beda setiap sopt lokasi tersebut, hal ini dikarenakan pengelolanya juga berbeda-beda dan dana pembangunan spot lokasi tersebut juga swadaya dari masing-masing pokdarwis.

Lokasi : Area wisata hutan mangrove ini terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses : Dari Yogyakarta, pengunjung dapat melewati jalan Raya Wates-Purworejo dengan mengikuti petuntuk arah menuju Pantai Congot. Sesampai di jalan Raya Dendles, pengunjung masih harus terus ke barat hingga melalui jembatan Sungai Bogowonto. Sekitar 100m dari jembatan tersebut, nanti ada petunjuk masuk ke arah selatan menuju lokasi kawasan area wisata hutan mangrove ini.

Tarif : Biaya masuk antara Rp3.000 sampai Rp 4.000 per orang dan per spot lokasi (ada 4 spot lokasi yaitu: Kadilangu, Jembatan Api-Api, Ngudilestari, dan Wanatirta) karena pengelolanya berbeda-beda Untuk sewa kapal keliling hutan mangrove mulai Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per orang.  Kemudian Rp 2.000 untuk parkir motor, dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Open : Area wisata hutan mangrove ini dibuka dari sekitar pukul 06.00 sampai sekitar pukul 19.00 WIB

Fasilitas : Meski terbilang baru, sejumlah fasilitas sudah tersedia di kawasan wisata hutan mangrove ini seperti spot-spot foto, sewa perahu untuk keliling kawasan hutan mangrove, kamar mandi, mushola, area parkir (baik roda dua maupun roda empat), dan warung-warung makan atau lapak penjual makanan dengan bangunan semi permanen sudah nampak banyak berdiri disekitar lokasi wisata hutan mangrove ini.

Tips : Ada baiknya jika pengunjung datang pada sore hari ketika matahari tidak terlalu menyengat.

Galery Foto Gembiraloka Zoo Yogyakarta :

 photo source: ig @jembatanapiapi


photo source: ig @fandiryan


photo source: ig @i.g_arya


photo source: ig @maydaadifanti


photo source: ig @pututpriambobo


photo source: ig @ratnaningwijayani


photo source: gogreenmenoreh.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates