Social Icons

Jumat, 02 September 2016

Hutan Pinus Mangunan

HUTAN PINUS MANGUNAN DLINGO


Hutan Pinus Mangunan Dlingo saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata primadona di selatan pusat Kota Yogyakarta. Suasana hutan pinus yang selalu disebut-sebut seperti hutan di Forks atau kota-kota kecil lain di Evergreen State dalam film-film menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta fotografi dan penggila photoselfie. Sejak pertama kali dibuka untuk obyek wisata pada tahun 2012 oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok pengelola hutan pinus "Pinusari", sejumlah fasilitas dan pelayanan terus dikembangkan. Di sana terdapat ayunan, tempat duduk yang sederhana namun cocok dengan kesan alam di hutan pinus, dan rumah pohon yang dapat digunakan untuk menikmati hutan pinus dan berfoto.
Baru-baru ini pengelola membuka sebuah panggung terbuka di tengah rimbunnya pohon pinus yang menjulang tinggi. Lokasi panggung terbuka ini berada di sisi seberang jalan dari kawasan hutan pinus yang lebih dulu digunakan sebagai obyek wisata. Panggung terbuka ini mampu menarik pengunjung karena keberadaanya memang unik, Panggungnya sendiri terbuat dari kayu, dengan deretan bangku penonton di depannya yang bertingkat. Berada di tengah hutan pinus menjadikan suasananya begitu sejuk dengan pemandangan yang sulit anda dapatkan ditempat pertunjukan lain. Selain itu sekarang juga terdapat penyewaan hammock (ayunan yang terbuat dari kain), pengunjung bisa bersantai dengan duduk ataupun tidur di hammock sembari menikmati keindahan dan kesejukan hutan pinus Mangunan. Kawasan ini juga dekat dengan beberapa temat wisata lain seperti Situs Makam Raja-Raja Imogiri danTaman Buah Mangunan.
Lokasi : Lokasinya bisa ditempuh searah dengan situs makam Raja-Raja Imogiri tepatnya di Jl. Mangunan, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses : Untuk transportasi umum yang melayani rute hingga kawasan hutan pinus sampai saat ini belum ada, maka wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau dengen kendaraan rental. Dari Yogyakarta bisa mengambil rute Terminal Yogyakarta – Jalan Imogoro Timur – Pertigaan Imogiri belok ke arah Makam Raja-raja Imogiri – Sebelum sampai di Pelataran Makam Raja-Raja Imogiri nanti ada pertigaan dengan petunjuk ke arah Mangunan, silahkan belok ke kanan mengikuti petunjuk arah tersebut – Hutan Pinus Mangunan.

Tarif : Untuk masuk kawasan hutan pinus tidak dikenakan tariff masuk, pengunjung  hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Untuk Fotografi Prewedding dikenakan biaya Rp 50.000. Tarif sewa hammock (ayunan yang terbuat dari kain) Rp 10.000 per satu unit hammock.

Open : Buka setiap hari.

Fasilitas : Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan cukup lengkap karena ada warung makanan, ada toilet yang bersih,tempat parkir kendaraan dan ada mushola juga buat yang ingin melakukan ibadah.

Tips: Dimohon untuk menjaga kebersihan supaya keindahannya tetap terjaga.
                                                                                       
Galery Foto Obyek Hutan Pinus Mangunan Dlingo Yogyakarta :

 photo source: kusnantokarasan.com


photo source: ig @jiwantoroade


photo source: ig @nurul_hyuga


photo source: ig @monas.23


photo source: ig @raspita_sari


photo source: pinusari_mangunan


photo source: spotunik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates