Social Icons

Selasa, 06 September 2016

Sambal Welut Pak Sabar

SAMBAL WELUT PAK SABAR


Bantul merupakan salah satu wilayah di Yogyakarta yang kaya akan kuliner tradisional. Salah satu diantara kuliner yang cukup terkenal dari wilayah Bantul ini adalah Sambal Belut Pak Sabar. Warung sambal belut Pak Sabar adalah warung makan yang menyajikan menu ikan air tawar (belut, wader, kutuk dan lele lokal) goreng dengan menu spesial sambal belut tanpa duri yang didirikan oleh Pak Sabar pada tahun 1993. Jangan terkecoh dengan tampilan Warung Pak Sabar yang sederhana. Pelanggan dari luar kota ternyata cukup banyak, beberapa pesohor dari ibukota pun tercatat pernah mencicipi olahan belut Pak Sabar. Di dinding warung terlihat beberapa foto orang terkenal yang pernah singgah dan kliping artikel media yang mengulas Warung Sambal Belut Pak Sabar. Ini setidaknya memberi gambaran bahwa tempat ini memang menawarkan sesuatu yang istimewa.
Selain menu utama sambal belut tersebut, Pak Sabar juga menyediakan beragam menu lainya, seperti belut goreng, oseng belut, wader goreng, kuthok (ikan gabus) goreng/oseng. Jika Anda berkunjung ke Sambel Belut Pak Sabar secara rombongan, Anda bisa membeli belut secara kiloan dan bisa dimasak dalam beberapa varian masakan. Untuk satu kilogram belut biasanya cukup untuk makan lima hingga tujuh orang. Jika ndak datang rombongan, biasanya satu porsi sambal belut dimasak dari belut seberat satu ons. Untuk minumannya pun cukup spesial, teh dan jeruk baik yang disajikan secara panas maupun dingin menggunakan gula batu sebagai pemanisnya.

Lokasi : Jalan Imogiri Barat Km. 6, Dusun Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul – DIY.

Akses : Untuk menuju lokasi Warung Sambal Welut Pak Sabar ini jika anda dari Pusat Kota Yogyakarta silahkan menuju perempatan/traffic light Pojok Beteng Wetan. Kemudian ke arah timur sampai menemukan pertigaan atau traffic light pertama terus belok ke kanan lurus ke arah selatan arah Jl.Imogiri Barat sampai melewati perempatan Ringroad tetap lurus lagi keselatan sampai Jl.Imogiri Barat Km.6 nanti ada pertigaan dengan petunjuk arah ke Warung Sambel Welut Pak Sabar, silahkan ikuti petunjuk tersebuk belok ke kiri sekitar 100m setelah melewati jembatan nanti warung Sambal welut Pak sabar ada di kanan/selatan jalan.

Harga : Harga untuk lauk belut, kutuk/gabus dan lele ditawarkan per kilogram, namun untuk minimal pembelian bisa per satu ons.
Sambal Welut Rp 130.000 per kilogram dan Rp 13.000 per satu ons.
Ikan wader Rp 60.000 per kilogram
Ikan gabus/kuthuk Rp 110.000 per kilogram
 Nasi
Rp 3.000
Tempe
/Tahu Rp  5.000
Sambel bawang/Sambal kecap Rp 2.000
Minuman mulai Rp 1.000 – Rp 5.000

Open : Buka mulai jam 10:00-22:00 WIB.

 photo source: ig @fooddiscoverer


photo source: Tribun Jogja/Hamim Thohari

 photo source: ig @meyriskaaa

 photo source: amboyindonesia.blogspot.com

 photo source: spotunik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates